SIMMONS 2.8-10X44WA Master Series.
(NB:merk simmons ada banyak type,jgn membandingkan dgn type yg lain meski sama2 simmons.lihat sesuai type yg sedang dibahas).
Bila kita mendengar merknya....
apa yg lantas anda pikirkan dan bayangkan....?
sebuah merk yg apik,rapih,kuat,jernih,memiliki pandangan yg lebar....?
ya benar..,semua fitur itu memang ada pada merk ini.....
tapi untuk SIMMONS original....,bukan yg KW.
kali ini saya ada sedikit waktu untuk mengupas bagan demi bagan dari merk dan spek yg tertulis diatas.
Oke langsung saja.
pertama kali saya melihat dan meraba tele ini.....wah...sepertinya ini tele bagus dan mewah....
ya benar..,karna memang dari model dan finishing nya memang rapi dan elegant.
tapi setelah saya preteli satu demi satu komponen didalamnya......
hmm......,saya agak heran.
umumnya pada sebuah tele terdapat plat / per / spring ulir yg terdapat pada bagian dalamnya yg berfungsi sebagai pendorong balik ke turret untuk seting nya.
tapi untuk type ini kok tidak ada ya.....?
why.....?
selidik punya selidik....
tampaknya type ini mempercayakan system balik (per/plat pendorong) pada bagian pangkal tabung dalamnya seperti pada gambar no 2.
tabung langsung direkatkan pada pangkal dgn ditambah sebuah ulir pegas (tp menurut saya tdk seperti pegas) dan dibuat agak miring agar ujung tabung bisa bersentuhan dan kembali menekan ujung turret.
mengapa harus dibuat demikian ya......?
saya berpendapat justru ini bakal menjadi suatu kekurangan untuk type dgn system tsb.
sebab bisa saja pegas tidak balik lagi atau cepat rusak apabila sering / mendapat perlakuan seting yg salah (misal turet diputar mentok).
selanjutnya dibagian dalam tabung ada dua buah lensa kecil pengatur power zoom yg dibalut wadah kecil (drum) yg terbuat dari bahan aluminium.
yg menjadi perhatian saya,pada umumnya lensa kecil tsb diletakan dalam wadah/drum lalu pada bagian atasnya ditutup sebuah ring sebagai pengunci agar lensa tidak keluar atau terlepas.
tapi tidak untuk type ini.
lensa hanya diletakkan dan diberi sedikit lem sebagai perekatnya.....lihat gambar no.1.
saya rasa dgn demikian type ini tidak akan kuat berlama lama bercumbu dan bersanding dgn senapan api.karna lama kelamaan bisa saja lem tsb terlepas,begitu jg dgn lensanya.
Lihat pada gambar yg di beri angka 3.
disitu kita bisa melihat bahwa type ini banyak mengadopsi bahan plastik pada bagian tertentu yg seharusnya berbahan metal.
akan tetapi dibalik semua kekurangan yg sdh saya paparkan diatas....,ada satu yg membuat menarik dan menjadi nilai lebih untuk type yg satu ini,lihat no.4.
yaitu reticle dibuat terpisah dari bagian tabung dalam,dan direkatkan begitu rapih,unuk dan saya rasa kokoh pada bagian belakang dgn menggunakan 6 buah baut "L".
tapi itu bukan berarti lantas membuat tele ini menjadi tahan getar,karna reticle hanya sebuah garis bidik.sementara kuat atau tidaknya itu tergantung dari komponen2 pendukungnya.
kita lanjutkan pada lensa objective (lensa depan) no.5.
jangan heran untuk beberapa unit dari type dan merk yg saya bahas ini,bila anda sandingkan dgn senapan gejlug...
mungkin bagian lensa depannya akan terlepas dgn sendirinya ketika anda menggejlug senapan anda.
hal ini karena ....,tidak semua unit dari type ini yg dirilis kepasaran,pada bagian lensanya ada yg merekat pada drat bagian depan frame lensanya...,ada juga yg asal nempel.
hal ini juga yg kadang menyulitkan saya untuk pengaturan fokus jika kebetulan yg saya tangani lensanya tidak nyangkut pada drat (bila diputar loss begitu saja,lensa tidak dapat keluar atau masuk mengikuti alur drat).
Demikian sedikit review dari saya untuk merk type ini.
dan perlu diketahui...
Untuk type ,model,merk semua telescope KW/replika,imitasi/palsu....
dinegara produsennya sana (China) tidak diproduksi pada satu pabrik saja.
melainkan dari banyak produsen,walau merk dan speknya sama.dan sdh tentu beda produsen..,pasti beda pula kwalitasnya.
jadi jangan heran jika si "A" menggunakan merk yg sama dgn si "B" ,akan tetapi kwalitasnya berbeda....
padahal merk sama,spek sama,model sama,walau kadang harga berbeda.
ini karna si "A" mendapat barang dari produsen yg berbeda dgn si "B".
oke...,sampai disini saja pembahasan mengenai SIMMONS 2.8-10X44WA Master Series dari saya.
lebih kurangnya saya minta maaf,karna saya jg masih dalam proses belajar.
Terimakasih.


Source

1 komentar:

  1. gan review dong tele BSA, GAMO,BUSHNEL , 3-9x32e , 3-9x40e, bahan dalamannya terbuat dari plastik atau metal,
    soalnya kemaren beli busnel 3-9x32eg reticle jaring mantep banget gak ada masalah . dan tele saya di beli ama teman kemudian saya beli yg baru lagi yaitu bushnell 3-9x40e reticle mildot. parahnya gak bisa nitik pada croshair kalo jarak 10meter bisa kena krikil kecil dan lebih dari 10m mulai ngacak apalagi kalo di zoom full croshairnnya lari kebawah 10cm an dari titik target.. pusing tele masih baru tapi bermasalah. kata temen ada sbagian tele yg bahan dalamannya terbuat dari plastik..gimana kalo kualitas tele BSA 3-9X32E rencana mau beli tele bsa ,,

    BalasHapus

 
Top