Jangan gunakan kain lap...!,karena akan merusak coating/membran pada lensa.
Fungsi coating yg utama adalah sebagai anti UV dari sinar matahari,dan (kandungan fosfor nya) antara lain sebagai penyerap cahaya agar lensa lebih terang.
Membersihkan lensa dengan ELECTRO STATICS,(electro static adalah pengembangan dari sistem elektromagnetik,electromagnetic hanya dpt menarik benda2 logam tertentu,sdngkn elektrostatik dapat menarik semua partikle2 walau tanpa logam penghantar).
Lihat gambar.
1.adalah kutub positif yg dialirkan pada badan lensa melalui penghantar jepit.
2.kutub negatif yg dialirkan melalui cotton bud,(elektrostatik dapat mengalir pada semua jenis bahan termasuk plastik dan kain).
3.kotoran/debu akan ditarik oleh ujung kapas tnp harus menyentuh permukaan lensa.
4.pemanasan permukaan lensa yg akan dibersihkan,untuk mempermudah proses pengangkatan kotoran.(pemanasan menggunakan blower dgn suhu kurang dari 100 derajat celsius).
5.setelah selesai,pasang kmbli lensa dengan menggunakan pinset yg melengkung,jgn menggunakan pinset lurus,untuk menghindari jatuhnya kotoran dari tangan kita kepermukaan lensa.
ELEKTRO STATIS,adalah alat yg saya ciptakan sendiri,dan diilhami dr sebuah pelajaran SD.yg mana apabila sebuah penggaris kita gosok dgn kain,lalu kita dekatkan pada serpihan kertas,maka serpihan kertas tersebut akan tertarik oleh penggaris yg mengandung aliran LISTRIK STATIS.


Sumber

2 komentar:

 
Top